Tuesday, October 7, 2008

Wisata Kuliner

Oke. Gw mau cerita tentang makanan nih. *rakus moden : on.
Selama mudik gw reunian ama makanan-makanan Indonesia.

Gudeg Cendil Bu Djuminten; Jl. Wates
Gw pikir gudeg cendil itu yang gw rasa kata 'cendil' itu adalah cimol. Jadi rasa-rasanya gw gudeg cendil itu cimol yang dikasih bumbu gudeg. Ngebayangin sih rasanya pasti aneh. Tapi ternyata salah. Itu tuh gudeg biasa. Huh. Tapi bole lah. Kata nyokap gw itu termasuk yang enak. Oke lah boleh.

Sate [kapur.kyknya?] 1 tusuk 2 ribu di Malioboro
Pas lagi jalan-jalan di Malioboro bagian kiri ke arah mau pulang, gw ngliat ibu-ibu lagi ngipas-ngipas gitu. Bukann, bukaann ngipasin suaminya biar ga panas, tapi ngipasin alat untuk bakar sate. Dan bau satenya itulah yang bikin gw mendekat.
Gw : "Berapa Bu satu tusuk?" *sok-sok halus.
IS : "2 ribu" *yakin abis dikasih tau gw ga bakal beli.Sangar suaranya, manja sifatnya *lah.
Gw : "Maaf, Bu. Berapa?" *gw wktu tu berpikir klo gw budek bnrn.
IS : "2 ribuuuu!!" *udah mulai kesal.
Gw : "Oke beli 10 ribu" *ngasih duit sambil takut-takut.
Dengan amat sangat boring, gw nunggu ampe beberapa menit ampe tu sate mateng dan. . .
IS : "Beruntung kamu, saya kasih 7 tusuk. Nih!!"
Gw : "...... Makasih Bu" *lari ke nyokap gw terus nangis tersedu-sedu *ga lah.
IS:Ibuibu Sate.

Cenil banyak pembelinya
Oke gw akui gw suka cenil, selaen rasanya manis tapi ga terlalu manis karena campuran kelapa parutnya, juga karena warnanya beragam. Ehem. Juga karena murah. Gw beli seribu waktu tu dikasih banyak. 2 sekop-an gitulah. Sekarang. . .
Penjual : "Ga bisa dek. 2 ribu."
Oke tanpa banyak cangcingcong gw kasih 2 lembar seribuan. Terus bukannya dikasih cenilnya aja, ehh dicampur ama getuk dkk. Ckckck. Terus cuma dikit. Tapi okelah. Mengingat di Malaysia cenil itu engga ada.

Martabak Super
Di dalem kertas menunya cuma ada Martabak Biasa, Martabak Spesial, Martabak Istimewa dan Martabak Super. Waktu di Jawa pernah beli keempat-empatnya dan itu rasanya sama aja. Dagingnya ge ada. Oke. Jadi apa makna 'biasa', 'spesial', 'istimewa' dan 'super' di mata para penjual martabak? Di mana hati nurani kaliaaann, abaaanggg?!?!?

Pop Ice
Haha. SD banget. SMP banget juga. SMA ga banget semenjak di Malaysia ga ada yang jualan begituan. Di Indonesia tuh tersebar luar yang jual beginian. Hampir di tiap warung. Dulu tuh itu minuman raja. Sekarang para rakyat aja udah mampu beli tokonya *buset dah Indonesia menganut sistem kerajaan apa?!*. Ada macem-macem rasa. Stoberi, coklat, vanila, mochachino, berry, susu kuda dan lain-lain. *gw rasa yang susu kuda itu dari kuda liar.

Sozis
Itu lho. Sosis yang siap makan. Yang satu bungkus isinya tiga. Yang ada rasa sapi ato ayam. Yang bungkusannya ada 2 warna; biru dan ijo. Yang kalo dibuka bungkusnya warna pink kemerah-merahan. Yang kalo digigit tuh bunyinya 'mak krenyeesss' *lah ini chiki ato apaan sih?

Capilanos
Belom di mulut sudah terasa. Gw rasa itu banner nya terlalu ngiklan. Ckck. Lagyan baru di mulut trs harus gw emut 5 detik baru terasa coklatnya =p

Tamani
Oke enakan makan di restonya. Gw makan di food court Gading. Enak. Gw beli fish finger gitu. Abis udah malem. Mau yang chezzy chicken nya gw takut gw bakal menggendut. haha

Pop Mie
Di Malaysia juga ada yang jual.. Di Cokit [FYI tulisannya tu 'Chow Kit] tapi ga ada yang jual rasa bakso. Mantepnya maknyos. Biasanya gw makan pop mie tuh pas lagi mudik trs malem-malem jd kerasa deh angetnya.

Pocari Sweat
Pocari Sweat aahhh.. Pocari Sweat setiap saat.. Masih inget ga lo yang dinyanyiin ama Warna. Tapi gw rasa kalo minum Pocari Sweat setiap saat lo bakal jadi manusia pocari. Tau kan lo yang transparan itu?

2 comments:

Suprih & Isti said...

aieuooo, blog kamu bagus deh. Saya kira kamu juga kreatif karena mampu membuat artikel sebagus ini. kamu rela membuang waktu dan pikiran untuk menghasilakan ide yang baik ini.

jangan pernah berhenti untuk menyumbangkan ide cemerlang kamu di blog ini. saya yakin blog ini pasti sangat bermanfaat.

Sukses ya …….

Dzikri said...

hahaha keren kali..>.<

aku aja yang dijokja nda gapernah smangat kulinernya >.< *gapunyduid* bwahha

haha